CD Audiophile untuk menilai kualitas sound system

Untuk anda yang baru mengenal CD Audiophile, rasakan perbedaan detail alat musik yang dimainkan pada setiap track. Sound system yang baik bukan hanya bisa mengeluarkan suara, tapi point utama nya adalah bagaimana suara yang dihasilkan bisa menyerupai dengan suara yang real, dan bisa menggambarkan situasi seperti seolah-olah anda sedang menonton konser yang penyanyinya berada tepat dihadapan anda dan dikelilingi oleh berbagai alat musik. Mungkin penjelasan saya ini akan membuat anda lebih bingung atau bisa saja merupakan awal dari ketertarikan anda dengan audiophile. Berikut sebagian dari CD Audiophile


1. The Ultimate Demontration Disc Chesky Records' Guide to Critical Listening


Cd ini sering di pakai majalah 'Audio Mobil' untuk mengetahui transparansi suara, kedalaman suara (lapisan suara), vocal, kedinamisan suara…dll. Dengan mendengarkan berulang-ulang, anda akan bisa mengetahui perbedaan detail-detail suara dari rekaman CD ini. Mungkin anda juga bisa menilai kualitas sound system anda apakah mendekati/menyerupai suara aslinya.


 2. Chesky Records 10 BEST - SPECIAL EDITION Chesky Records
Pada track 11 dari album ini: ‘The Chesky Style : An A/B Comparison’, sangat berguna bagi yang awam terhadap audiophile, baik di home audio mau car audio. Track ini menyuguhkan 2 lagu yang sama dengan teknik recording yang berlainan. Tujuan utama dari track ini adalah Chesky ingin menunjukkan kualitas rekaman dia dibandingkan perusahaan rekaman lain. Tapi dibalik tujuan itu, bagi yang awam terhadap audiophile, track ini mungkin bisa menjadi 'langkah awal ketertarikan' anda untuk masuk ke dalam dunia audiophile, sehingga membuat anda untuk lebih kritis dalam mendengar suatu recording. Karena track ini seolah-olah memberikan contoh perbedaan yang jelas antara sound system biasa/standart dengan sound system yang sudah di-upgrade , sehingga detail-detail suara terdengar jelas dan detail suaranya mengarah ke natural. Tanpa membuang uang anda sedikitpun untuk membeli player/head unit, amplifier, speaker yang berkelas, seolah-olah anda sudah bisa membedakan sound system standart dan yang sudah di-upgrade.


3. TEST The Power To Perform! Philips Car Systems.
CD ini dibuat oleh Philips Car Systems dalam mengetes audio mobil. Berbagai jenis karakter musik ada di dalam cd ini, dan disertakan track untuk mengetes frekwensi dan channel identification. CD ini saya dapatkan sekitar tahun 1994, waktu itu Philips terkenal dengan Head Unit single disc DC 944 yang unggul dalam teknik cara pembacaan cd, dan head unit ini sering digunakan untuk kontes audio mobil saat itu.


4. Sheffield Drive, The Audiophile Reference Series. Sheffield Lab – Live Studio Recordings.
Cd ini bisa dibilang ‘wajib punya’ bagi yang suka dengan audio mobil, untuk kategori Sound Quality maupun Sound Pressure Level. Berbagai macam kategori lagu ada dalam cd ini. Yang cukup unik dan seru adalah track 12 O-Daiko (Big Drum) merupakan seni memukul drum Jepang, dan track 13 Drum-Improv juga merupakan track pemukulan drum dengan melibatkan 2bh mic yang di tempatkan 2ft diatas drum dan 1bh mic lagi tepat di depan kick drum, sehingga efek pukulan sangat terasa sekali di track ini. Kedua track in bermain di frekwensi rendah, jadi pastikan speaker anda cukup qualified dan jangan menyetel terlalu besar volumenya.


5. Art Of Recording - Stockfisch Records Stockfisch Records
Hampir semua track list (90%) di dalam album ini mempunyai kesamaan dengan album Competition Evalution Disc dari EASCA 2009 (European Auto Sound Association), termasuk desain covernya pun mempunyai kemiripan. Album "Art Of Recording" ini dan album EASCA 2009 memang merupakan produksi dari Stockfisch Records. Konon cover nya di desain ulang untuk keperluan EASCA 2009.


6. Burmester CD-03 , Art For The Ear Burmester Audiosysteme
album ini memang nyentrik.....dari kemasannya yang sederhana sekali, anda akan di buat diam konsentrasi mendengarkan detail dari setiap track yang dimainkan, sampai akhirnya di track 10 dengan gebukan dari Master of Chinese Percussion akan membuat anda terbangun selama 10 menit lebih dan menyadari sebegitukah kualitas sound system anda. Album ini recommended

7. Test CD 5 , Depth Of Image - Timbre - Dynamics , Opus3 Opus3 HDCD
Yang di tonjolkan dalam setiap lagu di album ini adalah depth dan imaging, dengan kualitas rekaman yang bagus. Album ini bisa membantu anda lebih mendalami audiophile, semakin sering anda mendengar , akan membuat anda menjadi kritis dengan suatu rekaman. Walaupun tidak semua lagu di album ini enak di dengar, tapi disinilah bisa menggambarkan dengan jelas , sebegitu burukkah rekaman cd yang selama ini anda koleksi. Berbagai jenis musik ada di dalam cd ini, seperti jazz, blues & classic. Rekamannya bagus. CD ini layak dijadikan koleksi.


 8. Ein Straussfest – Cincinati Pops Orchestra , Erich Kunzel Telarc Digital
CD ini highly recommended bagi yang suka Classic yang berbaur dengan SPL. Tidak seperti lagu classic yang lain, cd ini tidak akan membuat anda tertidur, hampir semua track gampang dicerna dan dinamis. Jangan menyetel cd in terlalu keras, pastikan speaker2 anda cukup qualified. Karena ada track-track tertentu di dalam album ini yang mengeluarkan frekwensi rendah dan tinggi yang mungkin di luar batas kemampuan speaker anda.

2 komentar:

  1. Boss Hadi..... Mencari CD utk menguji kualitas sound sistem di mana ya ..?? atau boss hadi punya koleksi biar ane beli ....
    contac ane 081919115088. lagi butuh banget boss....

    BalasHapus